Mahasiswa PMI jadi “Dukun” Pemberdayaan Rohmanur Aziz (Ronaz)

Dosen Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Pusat Pengabdian kepada Masyarakat LPPM UIN Sunan Gunung Djati Bandung insya Alloh ikut berpartisipasi pada kegiatan Ekspo PkM di Malang.
Pada kegiatan ini UIN Sunan Gunung Djati Bandung akan menampilkan berbagai hasil PkM termasuk didalamnya hasil KKN Sisdamas. Walaupun tidak berorientasi pada hasil, KKN Sisdamas telah menghasilkan banyak produk baik berupa makanan olahan, komoditas barang, maupun program kebutuhan masyarakat lainnya seperti program pengadaan air bersih, bank sampah, dan sebagainya.
KKN Sisdamas jadi titik awal masuknya kegiatan PkM dengan jumlah 5000an peserta KKN Sisdamas pada 2 tahun terakhir, para mahasiswa manunggal bersama masyarakat belajar melakukan proses pemberdayaan sekaligus melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan disiplin ilmu pada masing-masing prodi. Dengan demikian tagihan KKN Sisdamas ada 2 laporan yaitu laporan individual pengabdian sesuai basis prodi dan laporan pemberdayaan secara kelompok.
Dalam waktu yang hanya satu bulan itu, peserta KKN Sisdamas dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan lintas jurusan dan dipandu oleh mahasiswa Pengembangan Masyarakat Islam yang disebar di setiap desa 1 mahasiswa PMI. Tujuannya untuk mengawal proses tahapan pemberdayaan, sehingga mahasiswa PMI di UIN Sunan Gunung Djati Bandung jadi tempat bertanya bagi peserta KKN lainnya. So, mahasiswa PMI UIN Sunan Gunung Djati Bandung berperan seperti “dukun” pemberdayaan.

Bandung, 5 Oktober 2018

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *