Sumber artikel: glutamate.org
  1. Apakah MSG (monosodium glutamat) itu? MSG adalah garam natrium glutamat, asam amino yang banyak ditemukan dalam protein.
  2. Glutamat adalah rasa umami yang paling murni, sebuah rasa dasar kelima yang sering kita sebut dengan rasa “gurih”. Reseptor rasa umami memiliki daya tarik-menarik dengan glutamat bebas.
  3. Kita mengonsumsi antara 10g dan 20g glutamat yang terkandung secara alami pada makanan kita, di mana glutamat yang berasal dari bumbu (monosodium glutamat) berjumlah sebanyak 10%.
  4. MSG tidak memberikan komponen baru pada makanan. Tubuh memperlakukan glutamat dengan cara yang persis sama, baik yang berasal dari makanan yang kita makan atau ditambahkan sebagai bumbu.
  5. Glutamat penting untuk metabolisme yang sehat. Namun, sebagian besar glutamat makanan yang kita konsumsi digunakan sebagai bahan bakar oleh sel-sel sistem pencernaan.
  6. Meningkatkan rasa umami dalam makanan dengan cara meningkatkan kadar glutamat bebas dapat mengurangi natrium (garam) dan lemak, dan tetap menjaga rasa makanan tetap memuaskan.
  7. Dalam resep, mengganti garam dapur dengan MSG akan mengurangi kandungan natrium, karena MSG memiliki natrium dua pertiga lebih sedikit daripada garam meja.
  8. Hanya sedikit tambahan glutamat yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan rasa umami; menggunakan lebih banyak tidak akan merugikan Anda, tetapi seperti garam, makanan mungkin akan menjadi terasa tidak enak.
  9. Badan penelitian ekstensif yang meneliti tentang glutamat telah ditinjau oleh ilmuwan independen dan otoritas pengatur di seluruh dunia, dan semuanya telah sepakat bahwa MSG aman dikonsumsi.
  10. Banyak penelitian ilmiah yang dilakukan dengan baik telah gagal menunjukkan hubungan antara MSG dan efek buruk kesehatan. Pada faktanya, MSG memberi manfaat rasa umami pada makanan.

Artikel lainnya